Profil Jurusan Pendidikan Dokter

Profil Jurusan Pendidikan Dokter - Ilmu kedokteran mulai berkembang di tempat terpisah yakni Mesir kuno, Tiongkok kuno, India kuno, Yunani kuno, Persia, dan lainnya.

Ilmu kedokteran modern, kedokteran "ilmiah" (di mana semua hasil-hasilnya telah diujicobakan) menggantikan tradisi awal kedokteran Barat, herbalisme, humorlasime Yunani dan semua teori pra-modern. Pusat perkembangan ilmu kedokteran berganti ke Britania Raya dan Amerika Serikat pada awal tahun 1900-an (oleh William Osler, Harvey Cushing).

Profil Jurusan Pendidikan Dokter
Kini, ilmu genetika telah memengaruhi ilmu kedokteran. Hal ini dimulai dengan ditemukannya gen penyebab berbagai penyakit akibat kelainan genetik, dan perkembangan teknik biologi molekuler.

Masa modern benar-benar dimulai dengan penemuan Heinrich Hermann Robert Koch bahwa penyakit disebarkan melalui bakteria (sekitar tahun 1880), yang kemudian disusul penemuan antibiotik (sekitar tahun 1900-an). Antibiotik yang pertama kali ditemukan adalah obat Sulfa, yang diturunkan dari anilina. 

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran sangatlah menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya keberhasilan yang diraih oleh para lulusan fakultas kedokteran dalam dunia kerja. Mereka banyak yang terserap lapangan pekerjaan maupun yang membuka praktek sendiri.
    1. Dokter Masyarakat; Setelah lulus nanti, para dokter tersebut dapat bekerja di sebuah lembaga kesehatan masyarakat, khususnya yang menangani pengobatan. Sebagai contoh adalah bekerja di Puskesmas.
    2. Dokter Umum; Banyak lulusan kedokteran yang langsung ditarik oleh rumah sakit tertentu. Hal ini menjadikan para lulusan tersebut dapat langsung bekerja serta memperoleh pengalaman untuk dapat menangani penyakit pasien rumah sakit tersebut.
    3. Dokter Peneliti; Para lulusan kedokteran juga dapat menjadi peneliti. Penelitian tersebut tentu saja masih berkaitan dengan bidang kesehatan. Penelitian tersebut biasanya bertujuan untuk menemukan obat untuk menangani sebuah penyakit yang masih baru.
    4. Manajer Rumah Sakit; Lulusan kedokteran yang memiliki gaya kepemimpinan yang berwibawa pastinya akan sangat dicari oleh sebuah instansi. Salah satunya adalah rumah sakit.
    5. Membuka Praktek; Tak jarang kita temui dokter yang membuka praktek di rumahnya sendiri. Namun, tentu saja anda harus memiliki pengalaman terlebih dahulu sebelum membuka praktek sendiri.

      Kemampuan Penunjang

      1. Biokimia
      2. Biologi sel dan molekul
      3. Genetika
      4. Fisiologi
      5. Etika
      Ilmu Kedokteran banyak mempelajari tentang cara-cara mendiagnosis (analisa yang menghasilkan kesimpulan tentang penyakit yang diderita pasien) dan mengobati penyakit serta cara-cara mencegahnya.
      Pencarian Google