Profil Jurusan Sastra

Profil Jurusuan Perguruan Tinggi: Lapangan Kerja, Bidang Minat dan Kemampuan Penunjang Jurusan Sastra Perguruan Tinggi Indoneesia

Jurusan Yang Dipelajari Kemampuan Pendukung Lapangan Kerja
 Sastra Indonesia Sastra Modern : karya sastra yang terbit dari tahun 1920 sampai sekarang, teori yang dipakai sastra barat, linguistik (ilmu bahasa), Filologitek sastra Indonesia yang belum terkaji lainnya : sosiologi, psikologi, filsafat, antropologi.

Dirjen pendidikan, taman budaya, dewan kesenian, LIPI, balai penelitian bahasa, wartawan, penerbit, penulis, kritikus, dosen, dll
 Sastra Asing


 Sastra Arab Penyusunan bahasa, khususnya bahasa Arab, kesusastraan tentang karya seni yang diwujudkan dalam bahasa manusia. Harus mampu menulis dan membaca huruf Arab. Dosen, peneliti, penulis, penerjemah, Deplu, Depag, Museum, Pariwisata, dll.
 Sastra Perancis Kemampuan dalam bahasa Perancis, penekanan bahasa Perancis dan teori sastra Perancis. Minat dan ketekunan harus tinggi, punya perhatian khusus untuk belajar sastra Perancis, tidak ragu dan berpendengaran yang baik. Penterjemah, guru, Deplu, Dept. Pariwisata, Humas, Guide.
  • Sastra Inggris
  • Sastra Jerman
  • Sastra Jepang
  • Sastra Rusia
  • Sastra Belanda
  • Sastra Cina
Linguistik dan kesusastraan dimaksud serta bahasa. Harus terampil, hafal, menganalisis ilmu yang diajarkan. Minat baca yang tinggi, daya ingat yang kuat, tidak ragu dan pendengaran harus bagus Deplu, penerjemah, pariwisata, pendidik biro travel, wartawan, dosen.
 Sastra Daerah


·         Sastra Jawa
·         Sastra Jawa Kuno
·         Sastra Melayu
·         Sastra Batak
·         Sastra Minangkabau
·         Sastra Bali
·         Sastra Bugis
·         Sastra Sunda
Mempelajari karya-karya sastra daerah yang dimaksud dan hubungannya dengan masyarakat Menguasai bahasa daerah yang dimaksud Ahli bahasa di Depdikbud, LIPI, Dept. Pariwisata, editor, wartawan daerah, dosen.
dll.

Pencarian Google